Studi Banding TMI PP Nurul Huda Sumenep di MA Model Zainul Hasan Genggong Bertajuk Education and Economic Study

Studi Banding TMI PP Nurul Huda Sumenep di MA Model Zainul Hasan Genggong Bertajuk Education and Economic Study

MAModel – Kali ini MA Model Zainul Hasan mendapat kunjungan studi banding dari TMI PP Nurul Huda Pakandangan Sumenep, Rabu, 08 Mei 2024. Mereka membawa rombongan berjumlah 27 peserta yang terdiri dari 20 santri dan 7 guru pendamping. Turut serta putri dari pengasuh PP Nurul Huda, Ning Atifah. Bertempat di Aula Hafshawaty, acara yang bertema Education and Economic Study ini berlangsung lancar dan penuh semangat.

Tepat pukul 08.30, rombongan dari PP Nurul Huda tiba di MA Model Zainul Hasan Genggong. Mereka disambut oleh santri MA Model menuju Aula Hafshawaty. Acara dimulai tepat pukul 08.45 dengan pra acara lagu-lagu bernuansa Arab dan Inggris. Dilanjutkan dengan acara pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MA Model Zainul Hasan Genggong. Tidak lupa pula pemutaran video profil MA Model Zainul Hasan sebagai pengenalan awal kepada PP Nurul Huda.

Dalam pemberian sambutan di acara selanjutnya oleh Kepala PP Nurul Huda, Ustadz Syuhaimi Syari’at, M.Pd., menyampaikan tentang rasa bahagianya bisa bersilaturahmi dan bertemu langsung dengan keluarga besar MA Model Zainul Hasan. Baginya merupakan suatu kehormatan yang luar biasa.

“Tujuan kunjungan kami untuk mendapat barokah dari para masayih Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dan untuk melihat perkembangan-perkembangan yang terjadi di lembaga lain sehingga tidak buta dan ingin mengadopsi beberapa hal yang ada di MA Model Zainul Genggong,” ucap Syuhaimi Syari’at Kepala Pondok PP Nurul Huda.

Dilanjutkan sambutan dari Kepala MA Model, Nastangin, S.E., M.Pd. menyampaikan tentang tujuh program unggulan MA Model.

Turut hadir juga Biro pendidikan, Dr. Abdul Aziz Wahab, M.Ag., menyampaikan perlunya untuk terus berprestasi karena dapat menjawab tantangan ke depan, keberkahan doa dari para masayikh, cerita sejarah pengasuh, dan perkembangan pendidikan pesantren serta mengenalkan filosofi pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong dan Prinsip pengembangan pesantren dengan motto ‘berpikir modernis’ dan ‘berhasil sufistik’.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Agus Supriyanto, M.Pd., selaku Waka Kurikulum yang mengenalkan program kewirausahaan yang ada di MA Model. Selanjutnya, Aurela Danela menguraikan program OSMAM, ekstra dan koperasi kejujuran.

“Jadilah asli dirimu sendiri dan jadilah luar biasa,” pesan Aurel diakhir penjelasannya.

Tak kalah seru, acara tanya jawab berlangsung sebagai wacana mendapatkan informasi lebih rinci terkait program yang ada di MA Model.

“Saya sangat terkesan dan spesial saat sampai di MA Model karena kami disambut dengan begitu luar biasa dan keramahan dari santri-santri dan dewan asatidz,” ucap Siti Fadila salah satu peserta studi banding.

Acara diakhiri pemberian cindera mata oleh PP Nurul Huda dan MA Model Zainul Hasan. (uru)