MA Model Zainul Hasan Genggong melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) CI

  MA Model Zainul Hasan Genggong melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) CI

MA Model Zainul Hasan Genggong melaksanakan kegiatan semester, yakni Penilaian Tengah Semester (PTS) dan PAS CI untuk kelas Cerdas Istimewa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan menilai sejauh mana perkembangan siswa setelah mengikuti KBM selama setengah semester. Ujian PTS ini dilaksanakan dalam bentuk Computer Based Test (CBT). Ujian PTS di MA Model Zainul Hasan ini dilaksanakan dalam waktu kurang lebih 10 hari yaitu dari tanggal 9 s.d. 19 Maret 2024.

PTS dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d maksimal pukul 12.00 menyesuaikan banyaknya mata pelajaran yang diujikan pada hari tersebut. Durasi pengerjaan soal PTS dalam setiap mata pelajaran adalah 1 jam (60 menit). PTS ini wajib diikuti oleh seluruh santri MA Model Zainul Hasan tanpa terkecuali. Untuk ruangan yang digunakan PTS sesuai dengan ruang kelas KBM biasanya.

Dalam hal kepanitiaan, dalam PTS ini dibentuk susunan Panitia Pelaksanaan PTS. Termasuk di dalamnya adalah Ketua Panitia & Pengawas Ruang. Dalam pelaksanaan PTS ini, ruang ujian diawasi oleh seorang Pengawas (guru) yang akan dirotasi sesuai jadwal pengawas yang sudah dibentuk. Pengawas ruang selain untuk mengawasi jalannya PTS di ruang tersebut juga bertugas untuk membantu siswa yang kesulitan mengerjakan dikarenakan masalah  teknis / perangkat. Jika tidak dapat diatasi maka siswa tersebut bisa diarahkan ke Lab Komputer agar ditangani oleh pihak IT. Selain itu, juga ada Ketua Panitia untuk memberikan arahan serta teknis yang digunakan dalam PTS kali ini. Ketua Panitia pada semester ini yakni Miss Megawati, M.Pd.

  MA Model Zainul Hasan Genggong melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) CI
Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) CI

Dalam hal ketertiban, untuk hari pertama PTS (9/03) sebelum ujian  dilaksanakan, para santri berkumpul di masjid untuk mendapat arahan mengenai tata tertib yang diterapkan dan santri yang dikategorikan tidak layak mengikuti ujian. Peraturan ketertiban yang lain adalah berkaitan dengan kartu ujian PTS, dimana siswa akan diberikan kartu ujian. santri akan mendapatkan kartu ujian apabila sudah menyelesaikan beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh madrasah, salasah satunya adalah tahfidz. Dalam  pelaksanaan PTS selama kurang lebih 7 hari ini terpantau lancar. Siswa mengerjakan PTS menggunakan CBT melalui laptop masing-masing.  Beberapa santri yang memiliki kendala dengan laptopnya bisa mengerjakan PTS di Lab Komputer. (LOGISS)