MA Model Zainul Hasan Genggong Laksanakan Ujian Praktik bagi Santri Kelas XII

MA Model Zainul Hasan Genggong Laksanakan Ujian Praktik bagi Santri Kelas XII

MAMNews-Ujian praktik merupakan rangkaian dari kegiatan Assesmen Madrasah tahun pelajaran 2023-2024. Mengacu pada Prosedur Operasional Standar (POS) Assesmen Madrasah (AM) tahun pelajaran 2023-2024 tentang pelaksanaan ujian praktik bahwa mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran PJOK, seni budaya, dan pendikakan kewirausahaan. Lembaga madrasah juga menambahkan ujian praktik keagamaan sebagai bentuk implementasi mata pelajaran Al-quran hadits, Fiqih, dan Akidah Akhlak.

Sabtu, 09 Maret 2024, MA Model Zainul Hasan melaksanakan kegiatan ujian praktik sampai 10 Maret 2024 dengan rangkaian jadwal yang sudah ditentukan oleh panitia AM. Hari ini (09/03), ujian praktik PJOK dan seni budaya dilaksanakan. Dalam hal ini, PJOK adalah senam kreasi. Tujuannya menumbuhkan kretivitas santri dan membentuk kebugaran tubuh.

Selanjutnya, praktik mata pelajaran seni budaya adalah membuat kreasi seni lukis dengan tema flora dan fauna. Tujuannya membentuk kreasi imajinasi santri dalam mengenali flora dan fauna serta permasalahan sosial yang merupakan juga kolaborasi dari mata pelajaran geografi, PKN, dan Sosiologi serta bidang agama dalam bentuk gambar. Selain itu, santri juga bisa mempresentasikan hasil karyanya sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap karya yang telah dibuatnya.

 

Karya Hasil Praktek Assessment Madrasah 2024
Karya Hasil Praktek Assessment Madrasah 2024

 

Ujian praktik keagamaan yang merupakan kolaborasi dari mata pelajaran keagamaan bertujuan membentuk karakter baik, akhlaqul karimah, khususnya dalam hal pengenalan serta menambah kumpulan hafalan hadits, surat-surat dalam alquran dan cara membaca yang baik sesuai tajwid. Selain itu, bidang kewirausahaan bertujuan untuk menambah pengalaman dalam bidang usaha baik permodalan hingga pemasaran.

“Harapannya, kegiatan ujian praktik ini dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi santri dan menjadi pedoman tentang bakat dan kemampuan yang mereka miliki,” ucap Ulfa selaku ketua panitia pelaksana AM. (uru)