MA Model Zainul Hasan Genggong mwngadakan Tryout UTBK-SNBT

MA Model Zainul Hasan Genggong mwngadakan Tryout UTBK-SNBT

MAModel Genggong – Selasa (27/2/2024), MA Model Zainul Hasan Genggong melaksanakan try out Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Uji coba ini diadakan madrasah untuk membantu para santri mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru (SNBT) di perguruan tinggi negeri pilihannya, setelah tamat dari MA Model Zainul Hasan nanti.

Try out kali ini, MA Model Zainul Hasan menggunakan sistem sesi materi tiap bidang tes. Dalam tryout kali ini diikuti oleh sebanyak 72 santri dengan dihadapkan pada 75 soal. Agus Supriyanti, koordinator pelaksana Try Out pagi ini menyampaikan bahwa dalam tryout kali ini soal tidak disajikan dalam kelompok mata pelajaran. Namun, pengelompokan soal didasarkan pada jenis materi uji skolastik dan literasi. Soal-soal jenis materi uji skolastik terdiri atas empat kemampuan, yakni: kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan jenis materi uji literasi terbagi menjadi tiga, yakni: literasi Bahasa Indonesia, literasi Bahasa Inggris, dan lierasi numerasi (Matematika).

Sebagai tindak lanjut dan evaluasi dalam kegiatan try out ini, madrasah akan menyampaikan hasilnya kepada wali santri. Agus mengatakan, “Dalam try out ini kami akan mengirim hasil analisis dan evaluasinya kepada wali santri sebagai bahan evaluasi dan pedoman langkah selanjutnya.” Selanjutnya ia menyampaikan bahwa try out ini dilaksanakan dimulai dimulai pukul 07.30 WIB.

Agus Suprianto yang juga selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum MA Model Zainul Hasan berpesan agar para santri bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal. “Semoga dengan diadakan try out ini, para santri nantinya mendapatkan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan dalam menghadapi UTBK-SNBT di perguruan tinggi negeri pilihannya.” Demikian Agus menutup pesan dan harapannya. (Php)