Orientasi Bahasa untuk Pembiasaan Bahasa Asing (Duta Bahasa 2022)

Orientasi Bahasa untuk Pembiasaan Bahasa Asing (Duta Bahasa 2022)

Genggong-Sebagai salah satu madrasah Bilingual School, MA Model Zainul Hasan kali ini menggelar kegiatan Orientasi Duta Bahasa kepada 48 santri terpilih dari seluruh santri kelas X hingga XII sebagai duta bahasa MA Model Zainul Hasan, Sabtu, 12 November 2022. Bertempat di Laboratorium Bahasa MA Model, kegiatan ini disambut antusias oleh para duta bahasa. Program ini merupakan bagian dari program kerja Waka Kurikulum berkolaborasi dengan Kordinator Program bahasa MA Model. Kegiatan ini diisi langsung oleh kepala madrasah dan penanggung jawab program bahasa dengan penyampaian menggunakan bahasa Arab dan Waka Kurikulum menggunakan bahasa Inggris.

Duta bahasa adalah sebuah kegiatan untuk menjaga bahasa dengan pengutamaan bahasa Indonesia, penjaga bahasa lokal dan penguasa bahasa asing. Bahasa asing yang dikuasai dalam konteks madrasah adalah bahasa Arab dan Inggris serta bahasa Prancis, Jepang, dan Mandarin sebagai pilihan.

Nantinya, para duta bahasa ini akan menjadi contoh dalam kegiatan komunikasi sehari-hari baik itu di lingkungan madrasah ataupun di pondok pesantren. Para duta bahasa akan mengampanyekan penggunaan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa harian kepada seluruh warga madrasah.

“Dengan demikian, diharapkan program madrasah Bilingual School dapat terealisasi dengan baik dan dapat diterapkan secara menyeluruh dalam sehari-hari di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah,” ungkap Agus Supriyanto, selaku Waka kurikulum. uru