Eksperimen Santri dan Workshop Pembelajaran Guru MA Model Zainul Hasan Genggong di FMIPA Universitas Negeri Malang

Eksperimen Santri dan Workshop Pembelajaran Guru MA Model Zainul Hasan Genggong di FMIPA Universitas Negeri Malang

Genggong – Pada hari Sabtu, 05 November 2022, santri kelas XI MA Model Zainul Hasan mengadakan kunjungan (Dirasah Ilmiah) sebagai bagian dari mewujudkan pilar Pancasila ke laboratorium MIPA Universitas Negeri Malang di Malang dalam rangka menambah ilmu dan wawasan santri di bidang sains dan teknologi terutama pada instrumen-instrumen biologi dan fisika mutakhir yang digunakan dalam riset dan industri. Rombongan kunjungan terdiri atas 74 santri kelas XI dari semua jurusan, beserta beberapa dewan asatidz pengajar riset dan kepala laboratorium MIPA MA Model Zainul Hasan. Rombongan dipimpin oleh Kepala Madrasah MA Model Zainul Hasan. Rombongan kunjungan diterima dengan baik oleh Prof. Dr. Ahmad Taufiq , S.Pd, M.Si, Kepala Pusat Publikasi Akademik LP2M, dengan rangkaian acara yang cukup padat dari pagi hingga sore hari.

Rangkaian kegiatannya meliputi Tour Kawasan; pembukaan dan pemaparan materi, kunjungan dan praktikum ke laboratorium biologi dan fisika, R. taksonomi dan struktur perkembangan tumbuhan (botani), R.perkembangan hewan (zoologi) dan laboratorium-laboratorium MIPA yang terdapat di Universitas Negeri Malang (UM). Seluruh Peserta rombongan baik santri ataupun dewan asatidz sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara kunjungan.

Selain acara kunjungan, dewan asatidz juga diberikan pelatihan tentang inovasi pembelajaran oleh Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si. selaku Koordinator Program Studi S2 Fisika FMIPA. Dalam materinya disampaiakan tentang perkembangan industry dan peran Pendidikan dalam menghadapi serta cara membedakan soal Hots dengan soal sulit. Disampaikan juga metode-metode menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran di kelas.

Kegiatan ini merupakan rangkaian salah satu program unggulan madrasah yaitu madrasah riset. Tidak hanya mengenalkan santri tentang riset, namun juga mendekatkan santri pada media riset. Salah satunya dengan kunjungan langsung dan mempraktikkan langsung media-media riset yang ada di laboratorium. Demikian yang disampaiakan oleh Nastangin, S.E., M.Pd. di sela-sela sambutannya saat acara pembukaan.
Semoga dengan kegiatan ini selain menambah wawasan santri, juga terjalin kerja sama yang baik antara FMIPA dengan MA Model Zainul Hasan. (uru)