JUARA 3 LOMBA ESSAI TINGKAT NASIONAL SANDALAN (SANTRI DALAM TULISAN)

JUARA 3 LOMBA ESSAI TINGKAT NASIONAL SANDALAN (SANTRI DALAM TULISAN) MA MODEL ZAINUL HASAN GENGGONG

Genggong-“Program ‘Bina Literasi Sejuta Santri’ sebagai Upaya Pengoptimalan Potensi Literasi Santri Guna Mewujudkan Kemajuan dan Kesejahteraan Bangsa Indonesia”, judul Essai Muhammad Iqbal Alifi salah satu santri kelas 12 MA Model Zainul Hasan Genggong mampu membawa santri kelahiran cianjur ini mengharumkan nama madrasah di kancah Nasional dengan meraih juara 3 lewat ajang kompetisi menulis Essai pada Event Lomba Essai Tingkat Nasional Sandalan (Santri dalam Tulisan) yang diadakan oleh PW IPNU Jawa Timur. Mewakili santri Pondok Putra Pesantren Hafshawaty Zainul Hasan Genggong, dia besaing dengan 108 peserta perwakitan santri seluruh penjuru nusantara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Setelah melalui rangkaian pendaftaran hingga pengumpulan naskah (5-22/10), dan pengumuman 22 nominator penulis naskah terbaik (26/10), Mas Alif (sapaan kerennya) lolos di 22 nominator. Sebuah pencapaian yang luar biasa mengingat proses penulisan dan bimbingan hanya dilakukan dalam hitungan hari saja. Dilanjutkan dengan kelas literasi (28/10) hingga tepatnya, 29 Oktober 2022, pengumuman pemenang lomba digelar pada acara Santri Culture Night Carnival (SCNC) di Jatim Expo, Surabaya. Dihadiri oleh para Kyai dan Nyai, Gawagis dan Nawaning, seluruh badan otonom NU, Santri-santri Jawa Timur, dan umum acara ini begitu meriah dan megah.
“Tujuan saya mengikuti event ini karena ingin tahu sejauh mana kemampuan menulis saya dan ingin menuangkan ide-ide yang sudah ada dalam benak saya melalui tulisan serta ingin membanggakan kedua orang tua dan guru-guru saya,” ungkap Alif.

Selain itu, Alif juga berharap tulisannnya bermanfaat untuk masyarakat khususnya Genggong dan bisa mengembangkan dan meningkatkan dunia literasi. kebahagiaan yang tak terhingga sangat dirasakan olehnya dengan rasa syukur dan bangga khususnya dapat melihat Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong (Kyai H. Moh. Hasan Mutawakkil ‘Alallah) turut tersenyum dan mengapresiasi atas pencapaian yang diperoleh oleh Alif. Ke depannya, akan lebih banyak lagi prestasi-prestasi yang akan diraih oleh santri MA Model Zainul Hasan baik itu di kancah Nasional dan Internasional. uru