Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka MA Model Zainul Hasan Genggong

Genggong – MA Model Zainul Hasan melaksanakan kegiatan workshop implementasi kurikulum merdeka, Selasa, 23 Agustus 2022. Kegiatan diikuti oleh seluruh dewan asatidz MA Model. Menghadirkan nara sumber Bapak Solehudin, M.Pd. selaku pengawas madrasah dan Bapak Syukur, M.Pd selaku pokjawas. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 14.30 ini diikuti dengan antusias dan berjalan dengan lancar.

 

Workshop yang hanya berlangsung sehari ini menjelaskan secara rinci tentang kurikulum merdeka, yaitu tentang Implementasi Kurikulum Merdeka, Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah, Penyusunan Tujuan Pembelajaran, Alur tujuan Pembelajaran, serta Profil Pelajar Pancasila. Diprakarsai oleh Waka kurikulum MA Model Zainul Hasan Genggong, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dewan asatidz terkait kurikulum merdeka.

 

Dalam sambutannya, pengawas madrasah, Solehudin menyampaikan bahwa sistem pendidikan akan terus mengalami perbaikan dan perubahan sesuai kebutuhan zaman. Oleh karena itu, jangan alergi dengan perubahan. Guru harus bisa menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang ada. Selain itu, guru harus inovatif dan kreatif agar anak-anak tidak bosan dan guru bisa memberikan pelayanan terbaik kepada siswa.

 

Di sisi lain, Syukur menjelaskan istilah terbaru di kurikulum merdeka seperti CP, ATP, dan Modul Ajar. Beliau juga membimbing guru-guru dalam pembuatan perangkat kurikulum merdeka seperti ATP dan Modul Ajar. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk kemajuan madrasah ke depannya. uru