Pembukaan MATSAMA / MATSAMA Hari Pertama MA Model Zainul Hasan Genggeng Tahun Pelajaran 2023/2024

Pembukaan MATSAMA / MATSAMA Hari Pertama MA Model Zainul Hasan Genggeng Tahun Pelajaran 2023/2024

MAMNews_Genggong, 22 Juli 2023. Kegiatan pembukaan MATSAMA tahun Pelajaran 2023/2024 dimulai dengan penyematan sebagai tanda dibukanya kegiatan MATSAMA. Penyematan tersebut ditandai dengan pelepasan balon yang dilakukan oleh kepala sekolah MA Model Zainul Hasan Genggong. Mr. Nastangin menyampaikan pentingnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Peserta Didik Baru untuk mengenal lingkungan sekolahnya yang baru, sehingga diharapkan akan tumbuh rasa cinta dan nyaman bagi setiap peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. “Masa pengenalan ini merupakan momen yang paling penting,” tutur Mr. Nastangin, selaku kepala Madrasah MA Model Zainul Hasan.
Setelah penyematan selesai, dilanjutkan dengan pemutaran video profil MA Model Zainul Hasan Genggong. Tujuannya supaya peserta didik baru lebih mengenal MA Model Zainul Hasan secara keseluruhan. Dilanjutkan dengan pengenalan para anggota organisasi, baik LOGISS maupun OSMAM supaya kita saling mengenal satu sama lain. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”.
Lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang MA Model Zainul Hasan yang disampaikan oleh Mr. Nastangin. Disini dijelaskan tentang seputar MA Model Zainul Hasan, baik dari segi tata letak awal berdiri, persebaran alumni, visi & misi madrasah, serta program keunggulan madrasah, dan dilanjutkan dengan istirahat sejenak.
Setelah waktu istirahat selesai, dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua yakni membahas tentang seputar program yang dilakukan kesiswaan yang disampaikan melalui cerita dan dijelaskan oleh ustadz Baharuddin selaku waka kesiswaan. “Disiplin tanpa harus diawasi, disiplin itu pahit namun tidak disiplin jauh lebih pahit,” tutur ustadz Baharuddin.
Pada siang hari para peserta didik baru diajak untuk ziarah ke maqbarah para wali. Tujuannya supaya santri baru tidak hanya tau mengenai pesantrennya saja, akan tetapi juga tau tentang pendiri pesantren Zainul Hasan Genggong. Tidak hanya diisi dengan materi, untuk memeriahkan acara MATSAMA di akhir kegiatan juga diadakan lomba yel-yel antar kelompok. Lomba yel-yel berlangsung pada siang dini hari.
Kegiatan MATSAMA pada hari pertama berjalan dengan lancar atas kerjasama para panitia serta peserta MATSAMA. Kegiatan ini memberikan banyak kesan yang menyenangkan kepada seluruh peserta.Logiss18