Hari Buku Nasional

Hari Buku Nasional, MA Model Zainul Hasan Genggong

Modelnews_Pada tanggal 17 Mei ini, kita merayakan Hari Buku Nasional atau bisa disebut juga dengan Harbuknas. Belum sampai sebulan kita merayakan Hari Buku Sedunia di tanggal 23 April, kita juga sudah kembali merayakan Hari Buku Nasional. Mengapa sih penting bagi kita untuk turut serta dalam merayakan Hari Buku Nasional? Buku merupakan media yang sangat penting bagi kita, apalagi bagi seorang pelajar. Dengan membaca buku, kita bisa memperluas wawasan kita dan juga bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi kita. Membaca buku juga bisa membuat kita terinspirasi dari buku yang kita baca. Nah,oleh karena itu, tidak diragukan lagi kalau membaca buku itu sangat penting. Namun, di Indonesia minat baca masyarakatnya masih sangat kurang. Karena itu, kita perlu merayakan Hari Buku Nasional setiap tahunnya.

Bagaimana sih cara kita untuk merayakan Hari Buku Nasional? Kita bisa menggunakan cara yang sangat mudah, seperti membangun kebiasaan dalam membaca dengan membuat target membaca buku 1 buku tiap bulannya. Tentunya, budaya gemar membaca itu bukan sesuatu yang datang dalam sehari. Masyarakat juga perlu membiasakan diri membaca buku. Terutama bagi anak-anak muda penerus bangsa yang lebih terbiasa dengan sosial media melalui suara dan video saja.Sayangnya, masih banyak anak muda yang tidak mengerti pentingnya membaca buku. Masih banyak lagi cara lainnya untuk merayakan Hari Buku Nasional, seperti berkunjung ke perpustakaan terdekat untuk meminjam buku-buku yang dirasa menarik.

Seperti yang dikatakan pepatah, buku adalah jendela dunia. Artinya, Dengan membaca buku, kita bisa mendapatkan beragam pengetahuan yang belum kita ketahui. Sehingga wawasan kita kian bertambah, juga menggambarkan betapa pentingnya buku karena memberikan banyak pengetahuan kepada manusia.

Buku juga dikatakan jendela ilmu karena di dalam buku terdapat begitu banyak ilmu yang mana pengetahuan tersebut bisa digunakan untuk meniti kehidupan nyata. Begitu pentingnya buku dalam kehidupan kita sehingga banyak sekali sebutan untuk sebuah buku. Logiss18