15 Santri MA Model Zainul HasanLulus SNBP 2023, Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit

15 Santri MA Model Zainul HasanLulus SNBP 2023, Diterima di Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Modelnews – MA Model Zainul Hasan Genggong patut berbangga diri. Pasalnya, sebanyak 15 dari 40 santri yang mengikuti jalur prestasi atau lebih dikenal siswa Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023 lolos masuk ke perguruan tinggi negeri.

Cukup banyaknya siswa yang berhasil masuk PTN mendapat apresiasi pihak madrasah. Bahkan sebagian siswa dinyatakan lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri bergengsi seperti Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan kampus besar lainnya.
Seperti Radhita Ramadhani santri kelas XII MIPA lulus jurusan Fisioterapi Universitas Airlangga. Ada juga Laila Gebi lulus jurusan Sastra Inggris di Universitas Negeri Surabaya.

Tidak hanya itu, lima santri kelas XII IPS juga lolos di perguruan tinggi favorit mereka. Mereka adalah Makrifatul lulus jurusan Geografi di Universitas Negeri Malang, Sofiatun Nisa lulus jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Malang, Wildatullaili lulus jurusan Psikologi di Universitas Islam Negeri Malang, Nayzila Irgiani lulus jurusan Ilmu Administrasi Negara di Universitas Negeri Jember, dan Alfian Izzat lulus jurusan Ekonomi Pembangunan di Universitas Negeri Jember.
Disusul oleh enam santri dari jurusan MIPA yaitu Fidatun Khosi’in lulus jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Negeri Malang, Ida Lailatul Mufarroha lulus jurusan Kimia di Universitas Islam Negeri Malang, Madani Nur Filayati lulus jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Selain itu, Nur Waheda lulus jurusan PGSD di Universitas Pendidikan Ganesha, Silvia Ika Safetri lulus jurusan Keperawatan di Universitas Negeri Jember, M. Afif Nafili lulus jurusan Teknik Pertanian di Universitas Negeri Jember, dan Ilham Maulana lulus jurusan Biologi di Universitas Negeri Surabaya. Satu-satunya santri jurusan Keagamaan Nabilah Yunita lulus jurusan Ekonomi Syariah di Universitas Negeri Jember.

“Alhamdulillah 15 santri kita lulus SNBP 2023,” ujar Kepala MA Model Zainul Hasan, Nastangin, Rabu (29/3).

Menurutnya, jumlah santri yang lulus SNBP tahun ini meningkat signifikan dibanding tahun lalu. Di mana tahun 2022 kemarin hanya ada 7 santri yang lulus SNBP. “Kita berharap ke depan semakin banyak santri yang lolos masuk perguruan tinggi favorit,” tambahnya.

Silvi selaku kepala BK menyebutkan, ini merupakan hasil kerja keras santri dengan didukung penuh pihak madrasah untuk menggapai tujuan melanjutkan pendidikan di kampus idaman. Ia berharap, santri yang telah lolos PTN dapat memanfaatkan ilmu yang akan didapat dan terus meraih prestasi.

“Bagi santri yang belum lolos, jangan berkecil hati, masih banyak kesempatan baik di PTN ataupun di PTS,” tukasnya. uru