Bermodal Limbah Bonggol Jagung, Empat Santri ini Raih Silver Medali di Ajang Internasional

bonggol jagung juara ma model zainul hasan

Limbah bonggol jagung ternyata memiliki banyak manfaat, salah satu khasiatnya adalah dapat mencegah penyakit jantung koroner. 

Di tangan empat siswa MA Model Zainul Hasan Genggong, Moch Hillu Maulidy, M. Ahsan Anwar Shiddiqy, Evelyn Ditya Nabila dan Aulia Nazwa Billah, limbah tersebut diolah menjadi minuman herbal berupa teh yang dinamai Zea Mays. 

Keempatnya mengikutkan inovasi tersebut ke ajang Seoul International Invention Fair Korea Selatan dan berhasil mendapatkan silver prize. 

“Alhamdulillah kami berhasil meraih silver medal, bersaing dengan 425 peserta di 15 negara. Ide ini kami dapat  karena menyadari banyaknya limbah di Indonesia,” kata Maulidy, Kamis 20 Januari 2022.

Pembuatan teh ini pun cukup mudah. Bahan bakunya adalah bonggol jagung yang dikeringkan dengan angin lalu dioven. Selanjutnya disangrai dan dikemas dalam kantong teh.

“Satu kantong berisi 2 mg bonggol jagung. Selain dapat mencegah jantung koroner, bonggol jagung juga mengandung karotenoid dan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Cara menyeduhnya juga sama seperti menyeduh teh biasa,” jelas mereka.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Genggong, KH Mohammad Hasan Mutawakkil  Alallah mengapresiasi prestasi siswa MA Model Zaha karena kembali menorehkan prestasi di ajang internasional itu.

“Produk ini juga rencananya akan kami komersialkan namun harus diuji coba di lab terlebih dahulu apakah sudah memenuhi syarat. Selain itu kami juga perlu melihat minat pasar. Semoga bisa berkah dan menjadi bekal untuk mereka ketika terjun ke masyarakat nanti,” ucap KH. Mutawakkil.  ***