Tahfidz 5, 10, dan 15 Juz, Alfiyah Ibnu Malik, Kitab Kuning, dan Amtsilati, MA Model Zainul Hasan

Tahfidz 5, 10, dan 15 Juz, Alfiyah Ibnu Malik, Kitab Kuning, dan Amtsilati, MA Model Zainul Hasan

Genggong –Setelah uji kompetensi bidang riset, kali ini MA Model Zainul Hasan, Sabtu, 21 Januari 2023 menggelar Uji Kompetensi Keunggulan Angkatan Pertama bidang Tahfidz 5, 10, dan 15 Juz, Alfiyah Ibnu Malik, Kitab Kuning, dan Amtsilati. Seperti halnya uji riset, kali ini juga dihadirkan penguji yang mumpuni di bidangnya. Terlebih lagi, peserta yang lulus ujian kali ini akan diwisuda Februari mendatang. Bertempat di ruang kelas MA Model Zainul Hasan dengan ruang tertutup, ujian berlangsung sakral dan menegangkan. Tak heran salah satu peserta gemetaran seraya menunggu giliran diuji.

Teknis ujian kali ini berbeda dengan uji riset kemarin. Bidang Alfiyah Ibnu Malik, peserta yang diuji adalah santri yang Hafal 250, 500, 750 atau 1.000 bait. Penguji menanyakan 10 pertanyaan ke setiap peserta yang meliputi Kelas X dan XI keagamaan. Selanjutnya, sambung Bait Nadhom Alfiyah Ibnu Malik 1-250 dan Membacakan Nadhom berdasarkan BAB. Membacakan Nadhom dengan diacak, serta membacakan bait nadhoman secara ganjil atau genap. Untuk kelas XII keagamaan ditambah dengan menyebutkan dalil-dalil yang sering digunakan dalam membaca kitab.

Demikian juga untuk uji tahfidz, dilakukan dengan sambung ayat dan menyebutkan nama surat serta membacakan surat-surat yang dihapal. Begitupun dengan amtsilaty dan pascaamsilaty.

“ Gemeteran sih pas belum di uji tapi pas udah diuji serasa lega banget terus masalah jadi terbaik itu masalah belakangan yang penting udah usaha jdan do`a”. Tutur salaha satu peserta uji kompetisi tahfidz.

Sebelum diuji, para santri telah mempersiapkan diri dan materi yang akan diujikan nantinya. Karena setiap santri pasti ingin menjadi yang terbaik dari yang lainnya dan tampil di atas panggung di depan wali santri dan tamu undangan nantinya. uru & LOGISS18